Sabtu, 22 September 2018

Management Beternak Ayam Joper

Ayam jawa super atau joper akhir akhir ini banyak di bicarakan karena ayam ini mempunyai keunggulan dari pada ayam yang lain. Ayam joper merupakan ayam hasil persilangan dari ayam broiler & ayam kampung, keunggulan ayam joper ialah ayam ini mempunyai daya tahan tubuh yang baik yang menyebabkan ayam ini jarang terserang penyakit, selain itu ayam ini juga mempunyai rasa daging yang enak dan lezat.

Semakin hari harga ayam ini semakin mahal dan semakin hari banyak yang mencari ayam ini. Karena hal tersebut banyak orang yang beternak ayam ini untuk mendapatkan keuntungan yang banyak, Cara memelihara ayam ini juga tidak terlalu sulit. Berikut ini cara memanagement beternak ayam joper :

1. Ukuran kandang
Ukuran kandang dalam beternak ayam joper ini harus di tentukan dengan jumlah populasi ayam. Jika anda memiliki 100 doc ayam maka ukuran kandang kurang lebih 2×1,5 M untuk ukuran doc. Dan setiap 25 hari anda harus memindahkan ayam ke kandang yang lebih besar dan luas sesuai populasinya.

2. Kebersihan kandang
Kebersihan harus di kontrol setiap harinya karena kandang yang bersih mempengaruhi pertumbuhan ayam joper, anda harus membersihkan kandang setidaknya 1 hari 2 kali agar bakteri & kuman yang ada dalam kandang ayam hilang, anda bisa membakar atau mengerikan kotoran ayam yang berasal dari kandang.

3. Pakan
Berilah ayam joper pakan yang berkualitas, dan tentukan jam makan dari ayam joper. Jangan memberikan pakan secara terus menerus karena itu hanya menyebabkan pakan terbuang sia", tentukan jam makan ayam joper, usahakan anda memberi pakan ketika ayam sudah benar" lapar. Jika ayam benar benar lapar maka dapat di pastikan pakan tidak ada yang terbuang.

4. Minum
Jangan terlalu sering memberi minum ayam joper karena jika ayam kebanyakan minum maka nafsu makan ayam akan berkurang di karenakan ayam lebih suka minum.

Itulah management berternak ayam joper, semoga bermanfaat.
Jangan lupa koment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kau Dan Pencarian Dia

Membuat Pakan Fermentasi Berkualitas

Membuat Pakan Fermantasi yang Hemat dan Berkualitas. Beternak ayam joper akhir akhir ini banyak di minati karena keuntungan &...